Ulang Tahun Ke 25 Virus Pertama Kali Didunia

Polres Kepulauan Seribu
0
Virus Worm
Jakarta - Pada 2 November 1988 dunia heboh dengan virus komputer pertama menyebar via internet. Seperti apa asal usulnya?

Dinamakan 'Morris worm', pembuatnya adalah mahasiswa bernama Robert Morris, dan menyebar tepat pada 2 November, 25 tahun silam.

Awalnya Morris berniat merancang worm untuk mengukur besarnya Internet. Tetapi kesalahan fatal dalam kode program membuat worm yang awalnya tidak berbahaya itu menjadi mimpi buruk komputer, karena terus mereplikasi diri. Bahkan worm masih ada dan terus menyebar hingga saat ini.

Worm menginfeksi sekitar 6.000 komputer, atau kira-kira 10% dari semua komputer yang terhubung ke Internet pada saat itu, seperti dinukil TechSpot.

Karena perbuatannya, Morris pun mendapat hukuman yang masuk dalam Computer Fraud and Abuse Act dengan masa percobaan selama tiga tahun, 400 jam pelayanan masyarakat, dan harus membayar denda lebih dari US$10 ribu.

Penasaran seperti apa pemberitaan di televisi pada saat itu ketika tersebarnya virus worm? Klik di sini untuk menyaksikannya.(sumber)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)