Bhabinkamtibmas Pulau Untung Jawa Sambangi Kegiatan Kegiatan Ibu-ibu PKK

Arif
0
polreskepulauanseribu.com - Bhabinkamtibmas Pulau Untung Jawa Polsek Kepulauan Seribu Selatan Briptu Vaisal Lasih menyambangi kegiatan Ibu-Ibu Pembinaan Kesejahtraan Keluarga (PKK) Rukun Warga (RW) 01 di wilayah RT 03 RW 01 Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu. Jum'at, (02/09).

Program PKK di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu diantaranya adalah Hidroponik dan Aquaponik. Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

Akuaponik adalah sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik. Dalam akuakultur yang normal, ekskresi dari hewan yang dipelihara akan terakumulasi di air dan meningkatkan toksisitas air jika tidak dibuang.

Dalam kegiatan ini, Ibu-ibu PKK RW 01 menggunakan metode hidroponik selain simple dan juga tidak menguras tenaga dibandingkan dengan menggunakan lahan, kegiatan ini juga sebagai contoh kepada ibu rumah tangga lainnya untuk memanfaatkan  waktu luangnya dirumah. Banyak manfaat yang didapat dari kagiatan tersebut, selain sebagai pemenuh kebutuhan sayur mayur rumah tangga, juga dapat menjadi nilai ekonomis.

(Humas KSS)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)